Wajib Tawaf Wada’ dan Terbebasnya Wanita Haid untuk Melakukannya

Rangkuman Kajian Kitab Syarah Shahih Muslim bersama Buya Muhammad Elvi syam Lc. MA., Selasa, 28 September 2021 di Masjid Al-Hakim, Jl. Gajah Mada Gg. BPKP II Nanggalo, Siteba, Kota Padang.

كِتَابٌ : الْحَجُّ. | بَابٌ : وُجُوبُ طَوَافِ الْوَدَاعِ وَسُقُوطُهُ عَنِ الْحَائِضِ.

Kitab Haji
Bab : wajib tawaf wada’ dan terbebas nya wanita haid untuk melakukan nya.

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ سُلَيْمَانَ الْأَحْوَلِ عَنْ طَاوُسٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ
كَانَ النَّاسُ يَنْصَرِفُونَ فِي كُلِّ وَجْهٍ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَنْفِرَنَّ أَحَدٌ حَتَّى يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِ بِالْبَيْتِ
قَالَ زُهَيْرٌ يَنْصَرِفُونَ كُلَّ وَجْهٍ وَلَمْ يَقُلْ فِي.

Telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Manshur dan Zuhair bin Harb keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Sulaiman Al Ahwal dari Thawus dari Ibnu Abbas ia berkata; Orang banyak telah pulang ke negerinya masing-masing. Maka bersabdalah Rasulullah ﷺ, “Janganlah seseorang pulang sebelum dia tawaf wada’ (akhir) di Baitullah.” Zuhair berkata, “Yansharifuuna Kulla wajhiin.” Dan ia tidak menyebutkan, “Fii.”

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ مَنْصُورٍ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَاللَّفْظُ لِسَعِيدٍ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ ابْنِ طَاوُسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ أُمِرَ النَّاسُ أَنْ يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِمْ بِالْبَيْتِ إِلَّا أَنَّهُ خُفِّفَ عَنْ الْمَرْأَةِ الْحَائِضِ.

Telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Manshur dan Abu Bakr bin Abu Syaibah -lafazhnya miliknya Sa’id- keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ibnu Thawus dari bapaknya dari Ibnu Abbas ia berkata; Orang banyak diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ agar mereka melakukan tawaf terakhir di Baitullah sebelum pulang, kecuali yang diberi keringanan, yakni perempuan haid.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي الْحَسَنُ بْنُ مُسْلِمٍ عَنْ طَاوُسٍ قَالَ
كُنْتُ مَعَ ابْنِ عَبَّاسٍ إِذْ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ تُفْتِي أَنْ تَصْدُرَ الْحَائِضُ قَبْلَ أَنْ يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهَا بِالْبَيْتِ فَقَالَ لَهُ ابْنُ عَبَّاسٍ إِمَّا لَا فَسَلْ فُلَانَةَ الْأَنْصَارِيَّةَ هَلْ أَمَرَهَا بِذَلِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فَرَجَعَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ يَضْحَكُ وَهُوَ يَقُولُ مَا أَرَاكَ إِلَّا قَدْ صَدَقْتَ.

Telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepadaku Yahya bin Sa’id dari Ibnu Juraij telah mengabarkan kepadaku Al Hasan bin Muslim dari Thawus ia berkata; Aku pernah bersama-sama dengan Ibnu Abbas, tiba-tiba Zaid bin Tsabit berakata, “Apakah Anda berfatwa bahwa seorang wanita yang sedang haid boleh pulang sebelum melakukan tawaf wada’ di Baitullah?” Ibnu Abbas menjawab, “Kalau kamu tidak percaya, maka tanyakanlah kepada Si Fulanah Al Anshariyah. Apakah Rasulullah ﷺ menyuruhnya untuk berbuat seperti itu?” Maka Zaid bin Tsabit pun kembali kepada Ibnu Abbas seraya tertawa dan berkata, “Tidaklah aku melihatmu, kecuali pasti Anda telah berkata benar.”

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ رُمْحٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ وَعُرْوَةَ أَنَّ عَائِشَةَ قَالَتْ
حَاضَتْ صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ بَعْدَ مَا أَفَاضَتْ قَالَتْ عَائِشَةُ فَذَكَرْتُ حِيضَتَهَا لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَابِسَتُنَا هِيَ قَالَتْ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهَا قَدْ كَانَتْ أَفَاضَتْ وَطَافَتْ بِالْبَيْتِ ثُمَّ حَاضَتْ بَعْدَ الْإِفَاضَةِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلْتَنْفِرْ
حَدَّثَنِي أَبُو الطَّاهِرِ وَحَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى وَأَحْمَدُ بْنُ عِيسَى قَالَ أَحْمَدُ حَدَّثَنَا وَقَالَ الْآخَرَانِ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ قَالَتْ طَمِثَتْ صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ زَوْجُ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ بَعْدَ مَا أَفَاضَتْ طَاهِرًا بِمِثْلِ حَدِيثِ اللَّيْثِ و حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ يَعْنِي ابْنَ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا لَيْثٌ ح و حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ كُلُّهُمْ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّهَا ذَكَرَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّ صَفِيَّةَ قَدْ حَاضَتْ بِمَعْنَى حَدِيثِ الزُّهْرِيِّ.

Telah menceritakan kepadaku Qutaibah bin Sa’id Telah menceritakan kepada kami Laits -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Rumh Telah menceritakan kepada kami Laits dari Ibnu Syihab dari Abu Salamah dan Urwah bahwa ‘Aisyah berkata; Shafiyah binti Huyai mengalami haid setelah ia melaksanakan tawaf ifadhah. Maka aku pun mengadukan hal itu kepada Rasulullah ﷺ, lalu beliau pun bersabda, “Memangnya dia menjadi penghalang bagi kami?” Kukatakan, “Ya Rasulullah, tapi ia telah melaksanakan tawaf ifadhah dan tawaf di Baitullah, setelah tawaf ifadhah barulah ia haid, lalu ia mengalami haid!” Rasulullah ﷺ bersabda, “Kalau begitu, dia berangkat bersama-sama dengan kita.” Telah menceritakan kepadaku Abu Thahir dan Harmalah bin Yahya dan Ahmad bin Isa -Ahmad berkata- Telah menceritakan kepada kami -sementara dua orang yang lain berkata- telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dengan isnad ini, ia berkata; Shafiyyah binti Huyay istri Nabi ﷺ mengalami haid setelah tawaf ifadhah, yakni pada saat haji wada’. Yakni sebagaimana hadits Laits. Dan telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’id Telah menceritakan kepada kami Laits -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb Telah menceritakan kepada kami Sufyan -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Al Mutsanna Telah menceritakan kepada kami Abdul Wahhab Telah menceritakan kepada kami Ayyub semuanya dari Abdurrahman bin Al Qasim dari bapaknya dari Aisyah bahwa ia menuturkan kepada Rasulullah ﷺ, bahwa Shafiyyah mengalami haid. Yakni semakna dengan hadits Az Zuhri.

و حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ بْنِ قَعْنَبٍ حَدَّثَنَا أَفْلَحُ عَنْ الْقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
كُنَّا نَتَخَوَّفُ أَنْ تَحِيضَ صَفِيَّةُ قَبْلَ أَنْ تُفِيضَ قَالَتْ فَجَاءَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَحَابِسَتُنَا صَفِيَّةُ قُلْنَا قَدْ أَفَاضَتْ قَالَ فَلَا إِذَنْ.

Dan telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Maslamah bin Qa’nab Telah menceritakan kepada kami Aflah dari Al Qasim bin Muhammad dari Aisyah ia berkata; Kami khawatir Shafiyyah mengalami haid sebelum melakukan tawaf ifadhah. Kemudian Rasulullah ﷺ pun menemui kami dan bertanya, “Apakah kalian akan menangguhkan kita berangkat ke Madinah?” Kami menjawab, “Shafiyyah telah melakukan tawaf ifadhah.” Beliau bersabda, “Tidak, kalau begitu.”

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَمْرَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّهَا قَالَتْ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ صَفِيَّةَ بِنْتَ حُيَيٍّ قَدْ حَاضَتْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَلَّهَا تَحْبِسُنَا أَلَمْ تَكُنْ قَدْ طَافَتْ مَعَكُنَّ بِالْبَيْتِ قَالُوا بَلَى قَالَ فَاخْرُجْنَ.

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya ia berkata, saya telah membacakan kepada Malik dari Abdullah bin Abu Bakr dari bapaknya dari Amrah binti Abdurrahman dari Aisyah bahwa ia pernah berkata kepada Rasulullah ﷺ, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Shafiyyah binti Huyay mengalami haid.” Maka Rasulullah ﷺ pun bersabda, “Sepertinya, ia kan menangguhkan perjalanan kita. Bukankah ia telah melakukan tawaf bersama kalian di Baitullah?” mereka menjawab, “Ya, benar.” Beliau bersabda, “Kalau begitu, hendaklah ia ikut berangkat sama-sama dengan kita.”

حَدَّثَنِي الْحَكَمُ بْنُ مُوسَى حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ الْأَوْزَاعِيِّ لَعَلَّهُ قَالَ عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ عَائِشَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرَادَ مِنْ صَفِيَّةَ بَعْضَ مَا يُرِيدُ الرَّجُلُ مِنْ أَهْلِهِ فَقَالُوا إِنَّهَا حَائِضٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَإِنَّهَا لَحَابِسَتُنَا فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهَا قَدْ زَارَتْ يَوْمَ النَّحْرِ قَالَ فَلْتَنْفِرْ مَعَكُمْ.

Telah menceritakan kepadaku Al Hakam bin Musa telah menceritakan kepadaku Yahya bin Hamrah dari Al Auza’i sepertinya ia berkata, dari Yahya bin Abu Katsir dari Muhammad bin Ibrahim At Taimi dari Abu Salamah dari Aisyah bahwa Rasulullah ﷺ menginginkan sesuatu dari Shafiyyah sebagaimana apa yang biasanya diinginkan oleh seorang laki-laki terhadap istrinya, maka mereka pun berkata, “Sesungguhnya ia dalah keadaan haid ya Rasulullah.” Beliau bersabda, “Kalau bergitu, ia akan menangguhkan perjalanan kita?” mereka berkata lagi, “Ya Rasulullah, sesungguhnya ia telah melakukan tawaf pada hari Nahar.” Akhirnya beliau bersabda, “Hendaklah ia berangkat bersama-sama kalian.”

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَابْنُ بَشَّارٍ قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ح و حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ
لَمَّا أَرَادَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَنْفِرَ إِذَا صَفِيَّةُ عَلَى بَابِ خِبَائِهَا كَئِيبَةً حَزِينَةً فَقَالَ عَقْرَى حَلْقَى إِنَّكِ لَحَابِسَتُنَا ثُمَّ قَالَ لَهَا أَكُنْتِ أَفَضْتِ يَوْمَ النَّحْرِ قَالَتْ نَعَمْ قَالَ فَانْفِرِي
و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ عَنْ أَبِي مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ ح و حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ مَنْصُورٍ جَمِيعًا عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ حَدِيثِ الْحَكَمِ غَيْرَ أَنَّهُمَا لَا يَذْكُرَانِ كَئِيبَةً حَزِينَةً.

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al Mutsanna dan Ibnu Basysyar keduanya berkata, Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far Telah menceritakan kepada kami Syu’bah -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepada kami Ubaidullah bin Mu’adz -lafazh darinya- Telah menceritakan kepada kami bapakku Telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Al Hakam dari Ibrahim dari Al Aswad dari Aisyah ia berkata; Ketika Rasulullah ﷺ hendak pulang (ke Madinah), tiba-tiba Shafiyyah berdiri di depan pintu kemahnya dengan raut muka yang sedih, maka beliau pun bersabda, “Kenapa memang?.” Kemudian beliau bertanya padanya, “Apakah kamu telah melakukan tawaf ifadhah pada hari Nahar?” Shafiyyah menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Berangkatlah bersama-sama dengan kami.” Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib dan Abu Mu’awiyah dari Al A’masy -dalam riwayat lain- Dan telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb Telah menceritakan kepada kami Jarir dari Manshur semuanya dari Al Aswad dari Aisyah dari Nabi ﷺ sebagaimana haditsnya Al Hakam, hanya saja keduanya tidak menyebutkan, “KA`IBATAN HAZIINATAN.”

Syarah :

لَا يَنْفِرَنَّ أَحَدٌ حَتَّى يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِ بِالْبَيْتِ

Didalamnya ada dalil bagi yang mengatakan bahwasanya wajib nya thawaf wada’ dan apabila ia tinggalkan maka ia wajib membayar dam. Dan ini merupakan shohih didalam mazhab kami(Asy-syafi’), dan dengannya telah berkata sebagian besar ulama’ diantara mereka adalah al-Hasan bashri dan alhakam dan hamad dan ats tsauri dan abu Hanifah dan ahmad dan ishaq dan abu tsaur, dan berkata malik dan Daud dan Ibnul mundzir : bahwa ia merupakan sunnah dan tidak apa untuk ditinggalkan.

أُمِرَ النَّاسُ أَنْ يَكُونَ آخِرُ عَهْدِهِمْ بِالْبَيْتِ إِلَّا أَنَّهُ خُفِّفَ عَنْ الْمَرْأَةِ الْحَائِضِ.

Ini merupakan dalil kewajiban thawaf wada’ untuk selain yang haid dan gugurnya kewajiban darinya dan tidak wajib baginya membayar dam dengan meninggalkannya. Ini mazhab asy syafi’i, malik, abu Hanifah dan ahmad beserta ulama-ulama yang lainnya. Kecuali yang disampaikan oleh ibnul Munzir, dari umar, Ibnu Umar dan zaid bin tsabit radhiallahu ‘anhum. Mereka memerintah kan wajibnya thawaf wada’. Dalil jumhur adalah hadist ini dan hadist shofiyyah.

Dan didalam hadist nya merupakan dalil tentang gugurnya thawaf wada’ bagi wanita yang haidh. Dan bahwasanya thawaf ifadhoh merupakan rukun haji yang diharuskan darinya. Dan bahwasanya ia tidak gugur dari wanita yang haidh dan yang lainnya. Dan wanita haidh hendaknya ia bermukim terlebih dahulu sampai ia suci, apabila ia pergi ke negri nya sebelum tawaf ifadhoh maka ia masih muhrim. Dan telah berlalu hadist shofiyyah dan penjelasan ihram nya dan telah dijelaskan awal kitab haji didalam bab penjelasan berihram ketika haji.

 

Ditulis oleh : Rahmat Ridho S.Ag

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *